Tentang facebook

Rabu, 19 Mei 2010

STOP!! Lomba Karikatur Nabi Muhammad di FACEBOOK

STOP!! Lomba Karikatur Nabi Muhammad di FACEBOOK






GAMBIR (Pos Kota) – Lomba karikatur Nabi Muhammad SAW melalui jejaring sosial facebook dikecam. Menteri Agama Suryadharma Ali memprotes tindakan ini. Suryadharma menyatakan pihaknya akan mencari data apakah lomba itu diprakarsai kelompok atau perorangan. “Saya kira ini harus diprotes karena penistaan terhadap agama Islam,” katanya, Rabu.


Menyikapi masalah tersebut, Menkominfo Tifatul Sembiring sudah lebih dulu menyampaikan surat protes kepada grup facebook. Lomba menggambar Nabi Muhammad SAW ini diumumkan grup yang menamakan Everybody Draw Mohammed Day! Lomba tersebut rencananya akan digelar pada 20 Mei 2010. Informasi yang dimuat di grup yang dibuat sejak 25 April 2010 itu menyebutkan, “May 20th 2010 is draw Mohammed day! Help spread knowledge about this important day – invite your friends!”



Media Swedia Terbitkan Ulang Kartun Nabi Muhammad

STOCKHOLM (RP) - Surat kabar utama Swedia pekan lalu dikabarkan menerbitkan ulang kartun Nabi Muhammad, sehari setelah tujuh orang ditahan sehubungan dengan dugaan rencana untuk membunuh kartunis Lars Viks yang membuatnya.


Lars Vilks sendiri sudah menarik karikatur Nabi Muhammad dengan tubuh anjing tiga tahun yang lalu. Ini dikarenakan, sejak itu, ia telah menjadi target ancaman kematian. Deutsche Welle berbicara kepada Thomas Mattsson, pemimpin redaksi di tabloid Stockholm Expressen, tentang keputusannya untuk mencetak ulang kartun.


Thomas Mattsson menyatakan, kartun tersebut telah diterbitkan di beberapa surat kabar di Swedia sebelumnya. Expressen belum pernah menerbitkan, tetapi kami melakukannya hari ini mengingat fakta bahwa tujuh orang ditangkap kemarin dalam konspirasi pembunuhan Lars Vilks.


“Kami ingin menunjukkan kartun ini bagi pembaca, tapi tidak dalam cara ofensif. Ini tidak dipublikasikan di halaman depan -hanya dalam dua kolom gambar, jadi sangat kecil- dan Anda bisa melihat dan membuat Anda berpikir,” terang Deutsche, Selasa (16/3) kemarin.


Ini sangat penting kata Deutsche untuk mengambil sikap dalam masalah kebebasan berekspresi. “Ini legal, dan hukum melindungi menerbitkan itu, dan orang-orang tidak boleh mengancam karena melakukannya. Tetapi beberapa orang, khususnya kaum muslim, merasa itu dilakukan hanya untuk menyinggung perasaan mereka.” tegas Deutsche.









KASUS DI DENMARK


Kasus penghinaan terhadap Nabi Muhammad pernah bergejolak di dunia ketika dua belas karikatur Nabi Muhammad, nabi terakhir dalam agama Islam, diterbitkan di surat kabar Jyllands-Posten; 30 September 2005. Pada 27 Maret 2008, muncul film berjudul Fitna yang melukai umat Islam. Fitna adalah film Belanda karya politikus Belanda, Geert Wilders. Film ini berisi pandangannya mengenai Islam dan Qur’an.


Wilders merasa Islam telah mengurangi kebebasan di Belanda dan perilaku Muhammad tidak cocok dengan kemoralan Barat. Sekjen PBB Ban Ki Moon mengutuk penayangannya. Pemerintah Iran bahkan memanggil Duta Besar Belanda untuk memprotes penayangan film tersebut. Sedangkan pemerintah Indonesia dengan tegas mengecam dan mencekal Geert Wilders apabila Ia hendak berkunjung ke Indonesia.



Pakistan BLOKIR FACEBOOK


Islamabad (ANTARA News) - Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA), Rabu, memerintahkan para penyedia jasa Internet untuk menutup tanpa batas Facebook akibat digelarnya kompetisi online menggambar kartun Nabi Muhammad di laman jejaring sosial itu.


Perintah itu dikeluarkan setelah ada keputusan dari Pengadilan Tinggi Lahore yang melarang sementara Facebook di Pakistan menyusul laporan media massa negeri itu mengenai kompetisi pembuatan kartun nabi yang akan diselenggarakan 20 Mei ini.


"Pengadilan Tinggi telah memerintahkan pemerintah untuk secepatnya memblok Facebook sampai 31 Mei akibat menggelar kompetisi penghinaan agama," kata Azhar Siddique, wakil dari Forum Pengacara Islam yang melayangkan gugatan berupa petisi ke Pengadilan Tinggi Lahore. "Pengadilan juga memerintahkan menteri luar negeri untuk menyelidiki mengapa kompetisi seperti itu diadakan."



Tanggapan Indonesia:................ ?????:

VIVAnews - Pakistan melarang penggunaan situs jejaring sosial Facebook di negaranya. Larangan itu menyusul munculnya halaman yang mengajak pengguna Facebook untuk mengikuti lomba menggambar karikatur Nabi Muhammad.

Pengadilan Tinggi Lahore memerintahkan Dewan Telekomunikasi Pakistan untuk memblokir Facebook mulai Rabu, 19 Mei 2010. Halaman bertajuk 'Everybody Draw Mohammed Day' yang ditampilkan dianggap penghinaan terhadap warga muslim.

"Kami telah memblokir URL dan menginstruksikan penyedia jasa internet untuk memblokirnya," ujar Khurram Mehran dari Dewan Telekomunikasi Pakistan.

Keputusan pengadilan itu menjawab protes keras yang didengungkan Gerakan Pengacara Islam Pakistan. "Perlombaan itu melukai hati warga muslim," kata pengacara Chaudhry Zulfikar Ali.

Seperti dikutip dari laman Aljazeera, pengguna Facebook di Pakistan masih leluasa mengakses situs tersebut meski pemblokiran telah dilakukan. Pengguna Facebook di negara itu mencapai 45 juta.

Halaman 'Everybody Draw Mohammed Day' setidaknya telah berhasil menggalang anggota lebih dari 40 ribu Facebooker. Sementara halaman tandingannya 'Against Everybody Draw Mohammed Day' mencapai 53 ribu Facebooker. Sumber : Kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template The Business Templates by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP